Kewajiban Orang Tua Terhadap Anaknya

Kemajuan suatu Bangsa sangatlah dipengaruhi oleh generasi Mudanya. Generasi muda merupakan tumpuan harapan suatu bangsa, generasi muda yang memiliki karakter baik dan mulia akan menjadi tumpuan kemakmuran masyarakat dan bangsa. Karakter generasi muda terbentuk mulai dari usia anak-anak. Pembentukan karakter anak sangat bergantung pada didikan orang tuanya. Anak-anak yang telah terbiasa dengan didikan dan teladan baik dari orang tuanya.

Peranan orang tua sangatlah penting bagi perkembangan karakter anak-anaknya, sehingga sebagai orang tua haruslah sangat berhati-hati dalam perilaku kehidupan sehari hari dalam keluarga karena anak-anak akan sangat cepat menangkap dan meniru apapun yang diperbuat oleh orang tuanya. Jika orang tua mendidik anaknya hanya dengan ucapan dan nasehat saja tetapi tanpa teladan yang nyata maka anak-anak hanya akan menjadi manusia yang mudah membantah dan membalikan ucapan orang tuanya.

Teladan adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan keluarga. Jika orang tua dalam kehidupan keluarga selalu bersikap penuh kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab dan konsistensi maka anak-anaknya juga akan mudah menerima pendidikan karakter-karakter yang baik. Orang tua harus menganggap anaknya sebagai permata yang perlu digosok agar keluar cahaya indahnya, cara menggosok kualitas anak-anak adalah dengan teladan yang baik. Seperti pepatah mengatakan satu teladan setara dengan seribu nasihat.

Menurut Para Bijaksana secara umum ada lima tugas utama para orang tua:
  1. Mencegah anaknya berbuat jahat
  2. Menganjurkan anaknya berbuat baik
  3. Melatih anaknya bekerja mandiri
  4. Mencarikan pasangan yang sesuai untuk anaknya
  5. Pada waktunya menyerahkan warisan kepada anaknya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa manusia terlahir miskin

Mengapa manusia terlahir cacat

Vihara aliran mahayana di daerah serpong tangerang