Mengapa manusia terlahir cantik

Terlahir cantik adalah berkah kebajikan masa lalu.
Hidup menjadi cantik adalah usaha dan perawatan.

Kencantikan wanita sering kali memukau dan membuat mabuk kepayang para lelaki, sering juga manusia yang memiliki kencantikan juga menjadi terbuai hingga muncul kesombongan, tak sedikit juga wanita yang cantik juga memiliki kecantikan hati sehingga tetap rendah hati. Sering kita mendengar kisah dari masa lalu hingga sekarang bagaimana kecantikan wanita memiliki pengaruh yang sangat kuat hingga dapat menimbulkan kebahagiaan hingga menimbulkan bencana. Seperti apapun pengaruh kecantikan tetapi pada dasarnya setiap wanita memimpikan memiliki kecantikan. Para lelaki juga pada umumnya memimpikan memiliki pasangan hidup yang cantik.

Pada jaman modern ini upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan kecantikan semakin canggih. Cara-cara yang ada banyak diburu oleh para wanita untuk memperbaiki fisiknya supaya lebih cantik lagi. Mulai dari cara-cara yang alami hingga cara-cara modern yang tidak alami, mulai dari cara-cara yang relatip aman hingga cara-cara yang jelas-jelas beresiko, dari cara-cara yang sangat mahal hingga cara-cara yang murah. Apapun caranya banyak wanita yang rela mengorbankan banyak hal demi membuat dirinya menjadi lebih cantik.

Pada jaman modern ini tubuh seorang wanita dapat diperbaiki hingga menjadi sangat cantik dan memukau. Kulit yang hitam bisa dibuat menjadi putih, rambut yang keriting bisa menjadi lurus, mata yang pucat bisa menjadi bening, hidung yang pesek bisa menjadi mancung, gigi yang tidak rata bisa menjadi rata, dagu yang tumpul bisa dibuat menjadi tirus, bokong yang tepos bisa dibuat bulat berisi, payudara yang kecil bisa dibuat montok, perut yang berlemak bisa dibuat langsing. Kekurangan-kekurangan apapun seakan akan sekarang dapat disempurnakan asalkan mampu membayar biaya perawatanya, walaupun tidak semua wanita mau membayar mahal.

Walaupun telah banyak wanita-wanita yang menjadi cantik dan menarik karena kemajuan teknologi kecantikan tetapi pada umumnya manusia akan lebih bangga dan berharga jika bisa menjadi cantik dan menarik secara alami. Kecantikan yang alami diperoleh sejak wanita baru dilahirkan, kecantikan yang alami telah ada sejak manusia baru dilahirkan, dengan memiliki kecantikan sejak lahir kemudian dalam perkembanganya selalu dijaga dan dirawat maka ketika menjadi dewasa akan memiliki kecantikan yang alami. Jadi kecantikan alami adalah kecantikan yang dibawa sejak lahir kemudian dijaga dan dirawat sepanjang kehidupanya.

Tidak semua manusia yang terlahir sebagai manusia memiliki fisik yang cantik dan menarik, dalam dunia ini kita dapat menyaksikan manusia-manusia yang dilahirkan dengan kondisi fisik yang sangat cantik dan elok, tetapi tak jarang juga kita menyaksikan manusia-manusia yang lahir dengan kondisi fisik yang buruk rupa. Tentulah dalam diri manusia sering muncul pertanyaan mengapa ada wanita yang terlahir dengan kondisi fisik yang sangat elok dan kenapa ada yang terlahir dengan kondisi yang sangat buruk, mengapa tidak diciptakan semua dengan tubuh fisik yang elok semua.

Menurut ajaran Buddha dijelaskan bahwa penyebab makhluk terlahir sebagai manusia dengan tubuh fisik yang sangat elok adalah perbuatan dimasa lalu yang selalu bersikap bajik, tidak marah-marah, tidak iri hati, tidak mendengki, tidak sombong. Makhluk-makhluk yang dalam kehidupanya selalu bersikap ramah, penyabar, sopan, berbahagia atas kebahagiaan sesama, dan rendah hati maka dalam kehidupan berikutnya jika terlahir sebagai manusia akan memiliki berkah tubuh fisik yang elok. Kecantikan yang sesungguhnya akan diperoleh dengan perbuatan baik dimasa lalu, kondisi perbuatan baik dimasa sekarang dan perawatan yang baik sepanjang hidupnya.

Jika sekarang manusia terlahir dengan kondisi fisik yang elok kemudian menjalani kehidupan ini dengan sikap yang bajik, rajin merawat diri, sederhana dalam hal makan maka fisiknya akan benar-benar menjadi elok. Jika manusia saat ini terlahir dengan tubuh yang elok tetapi menjalani kehidupan dengan sikap yang tidak bajik, tidak rajin merawat diri, berlebihan dalam hal makan maka tubuhnyapun akan menjadi tidak elok. Jadi kesimpulanya agar wanita menjadi cantik haruslah hidup dalam prilaku dan batin yang bajik, rajin merawat diri, berolah raga, sederhana dalam hal makan dan selalu ramah kepada sesama maka pastilah ia akan menjadi wanita yang cantik luar dalam.

Hal yang terpenting adalah jika kita sekarang terlahir sebagai wanita yang cantik haruslah tetap berendah hati dan selalu bersikap bajik agar kecantikanya membawa berkah bagi diri sendiri dan orang lain. Sebaliknya jika saat ini kita terlahir sebagai wanita yang tidak cukup cantik janganlah berputus asa, tetaplah mengembangkan sikap dan prilaku yang bajik, tetaplah merawat diri agar selalu rapih dan anggun, dengan demikian wanita akan memiliki kecantikan yang berasal dari dalam dirinya. Kecantikan tidak hanya sebatas fisik saja tetapi yang sesungguhnya adalah prilaku yang bajik.

Demikian artikel singkat ini semoga menjadi tambahan perenungan

Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa manusia terlahir miskin

Mengapa manusia terlahir cacat

Vihara aliran mahayana di daerah serpong tangerang