Mengapa Manusia Beragama


Bersyukurlah dapat terlahir sebagai manusia. terlahir sebagai manusia akan diberkahi dengan kemampuan untuk berpikir dan menggunakan akalnya dalam melakukan suatu tindakan.

Satu tindakan yang sangat besar dilakukan manusia adalah beragama. pada hakikatnya manusia memeluk agama adalah pilihan, manusia memiliki kebebasan untuk memilih agamanya atau tidak memilih.





Beragama atau tidak beragama tetap hidup akan berjalan serta berlalu. menjalankan praktik agama atau tidak menjalankan praktik agama hidup tetap akan berjalan dan berlalu.
sebagai manusia yang bijak pasti kita akan berpikir dan bertanya, pentingkah saya beragama dan praktik agama???

Kehidupan manusia secara umum adalah mencari. Mencari keduniawian dan mencari spiritual/agama.Mencari kebaikan atau mencari kejahatan.
Kehidupan manusia secara umum juga mengumpulkan. mengumpulkan materi duniawi atau amal ibadah. mengumpulkan kebajikan/amal atau mengumpulkan kejahatan/dosa.
Manusia yang bijak akan mencari kebajikan dan mengumpulkan kebajikan. manusia yang bodoh akan mencari keduniawian dan mengumpulkan kejahatan.

Apapun yang dicari dan dikumpulkan di dunia ini tidak ada habisnya. tetapi kehidupan ini akan habis pada waktunya, Meninggal dunia. Manusia harus menggunakan pikiranya untuk mencari dan mengumpulkan sesuatu yang berguna dalam hidup yang singkat ini juga berguna untuk perjalanan kehidupan selanjutnya yang lebih panjang. apa itu? jawabanya ditemukan dalam praktik Agama. untuk dapat praktik agama dengan benar maka manusia hendaklah beragama. belajar agama dengan benar.

Renungkanlah:
# Hidup ini tidak kekal.
kehidupan manusia sangat singkat sekali. saat ini rata-rata harapan hidup hanya 70-80 tahun. waktu yang sangat singkat. hidup ini penuh dengan ketidakpastian. penyakit bisa datang kapan saja. bencana terjadi dimana-mana. kejahatan merajalela. usia tua akan segera tiba. dalam hidup yang tidak kekal ini apa artinya kekayaan, kekuasaan, keelokan, kedudukan. semua akan berakhir pada waktunya.

# Kematian akan tiba kapan saja
pada waktunya manusia semua akan tiba pada kematian. kematian datang kapan saja. balita, remaja, dewasa, tua bisa mati semua. kematian datang melalui seribu cara. saat kematian datang seluruh materi duniawi ditinggalkan. pada saatnya pengumpulan duniawi adalah sia-sia. seluruh kejahatan yang dikumpulkan akan membawa ke alam derita. hanya amal kebajikan yang menolong ke alam bahagia.

# Kelahiran manusia itu berharga
Karena terlahir sebagai manusia maka memiliki kebebasan untuk memilih. manusia bijak akan memilih untuk menggunakan hidupnya dalam kebajikan. hanya manusia yang sungguh-sungguh bodoh yang menggunakan hidupnya untuk kejahatan. dengan tubuh manusia segala kebajikan dapat disempurnakan. setiap saat sebagai manusia dapat terus menerus mengumpulkan amal kebajikan.

# Manusia dapat memilih tujuan hidup mulia
dalam hidup ini manusia dapat mencapai kebahagiaan dengan melakukan kebajikan. dengan kebajikan kehidupan yang akan datang dapat menuju ke alam yang lebih membahagiakan. dengan kebajikan manusia dapat mencapai kesempurnaan dan pembebasan.

Manusia beragama agar memahami kebenaran, memahami cara berbuat bajik yang benar.
dengan beragama yang benar manusia dapat menyempurnakan kebajikan hingga mencapai pembebasan.


"semoga menjadi tambahan renungan"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa manusia terlahir miskin

Mengapa manusia terlahir cacat

Vihara aliran mahayana di daerah serpong tangerang