Cara mencapai kesehatan dan usia panjang berdasarkan Ajaran Buddha










Dalam Culakammavibhanga-Sutta,  Hyang Buddha menjelaskan kepada siswanya tentang jalan mencapai kesehatan dan usia panjang. Buddha menjelaskan bahwa seorang laki-laki atau perempuan yang meninggalkan pembunuhan makhluk-makhluk hidup, tidak melakukan pembunuhan makhluk-makhluk hidup; dengan tongkat dan senjata yang disingkirkan, dia menyebarkan belas kasih kepada semua makhluk hidup. Karena melakukan dan menjalankan perbuatan baik seperti itu pada saat meninggal dunia, setelah meninggal dunia dia akan terlahir di alam bahagia, dan jika terlahir lagi di alam manusia maka dimanapun dia dilahirkan akan berumur panjang. Jadi jelas bahwa tidak melakukan pembunuhan dan penganiayaan makhluk hidup adalah jalan untuk memperoleh kesehatan dan usia panjang. Tidak membunuh, tidak menganiaya makhluk apapun, sebaliknya selalu berusaha untuk mengasihi dan menolong makhluk adalah syarat utama yang menjadi sumber tercapainya kesehatan dan usia yang panjang.

Lebih rinci berdasarkan ajaran Buddha dapat dijelaskan bahwa agar manusia memiliki usia yang panjang manusia harus menghindari dan tidak melakukan pembunuhan terhadap makhluk apapun juga, dengan alasan apapun manusia tidak berhak untuk membunuh makhluk lain. Semua makhluk pada hakikatnya menginginkan untuk hidup lama, semua makhluk akan takut pada kematian. Manusia sayang dengan orang tuanya, manusia sayang dengan sanak saudaranya, manusia sayang dengan diri manusia, demikian juga makhluk lain juga menyayangi orang tuanya, sanak saudaranya dan dirinya sendiri. Jika manusia tidak mau dibunuh hendaklah jangan membunuh makhluk lain dengan alasan apapun.

Buddha juga menjelaskan bahwa barang siapa mencari kebahagiaan untuk dirinya dengan cara menganiaya makhluk lain yang juga menginginkan kebahagiaan maka setelah kematian ia tak akan memperoleh kebahagiaan. Ajaran Buddha mengajak manusia untuk melihat kebenaran apa adanya, Jika manusia sebagai manusia mencari keselamatan dan mencari kebahagiaan dengan cara membunuh makhluk lain, maka yang akan manusia peroleh bukan keselamatan tetapi bencana, bukan kebahagiaan tetapi penderitaan. Sebaliknya jika manusia mencari keselamatan dan mencari kebahagiaan dengan cara melindungi dan membahagiakan makhluk lain maka manusia akan memperoleh keselamatan dan kebahagiaan yang sebenarnya.

Lebih jelas lagi dalam Culakammavibhanga Sutta, Hyang Buddha mengajarkan aspek aktif untuk mencapai kesehatan dan usia panjang, Beliau mengajarkan jika seorang laki-laki atau perempuan tidak suka melukai makhluk-makhluk hidup dengan tangan, dengan bongkahan, dengan tongkat, atau dengan pisau. Karena melakukan dan menjalankan perbuatan baik seperti itu pada saat meninggal dunia, setelah meninggal dunia dia akan terlahir di alam bahagia, dan jika terlahir lagi di alam manusia maka dimanapun dia dilahirkan akan memilki kesehatan. Inilah siswa, jalan yang membawa manusia memiliki kesehatan.

Manusia dapat melihat dalam kehidupan nyata ada manusia yang selalu sehat, ada manusia yang sering sakit-sakitan, ada manusia yang mengidap penyakit yang mematikan, mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dapatlah dipastikan terjadi akibat perbuatan masing-masing, jika manusia suka menyakiti makhluk lain pasti dia akan banyak terserang penyakit, sebaliknya jika manusia suka melindungi makhluk lain dan menolong makhluk lain pastilah dia akan memiliki kesehatan yang baik.

Barang siapa mencari kebahagiaan untuk dirinya dengan tidak menganiaya makhluk lain yang juga menginginkan kebahagiaan maka setelah kematian ia akan memperoleh kebahagiaan. Ajaran Buddha menyadarkan manusia bahwa sesungguhnya kebahagiaan hanya akan diperoleh manakala manusia mampu memberikan kebahagiaan kepada makhluk lain. Hal yang paling nyata yang dapat manusia jadikan sebagai refleksi kebenaran adalah ketika ada kejadian peperangan, peperangan sering terjadi karena manusia memaksakan kehendak untuk mendapatkan kebahagiaanya dengan mengorbankan manusia lainya. Dalam setiap peperangan akhirnya mengakibatkan terjadinya pembunuhan dan penganiayaan dan dampaknya akan terasa berkepanjangan. Jadi, dari mengorbankan makhluk lain untuk memenuhi kebahagiaan justru hanya akan menimbulkan kematian, penyakit dan penderitaan.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan cara-cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh kesehatan dan usia panjang;
  1. Menghindari dan tidak melakukan pembunuhan terhadap makhluk apapun, dengan alasan apapun.
  2. Menghindari dan tidak melakukan penyiksaan, penganiayaan terhadap makhluk apapun, dengan alasan apapun.
  3.  Melindungi dan menolong makhluk-makhluk yang terancam dan menderita
  4. Memancarkan cinta kasih dan kasih sayang kepada semua makhluk
  5.  Membiasakan batin agar selalu rilek dan gembira
  6.  Jangan terlalu banyak keinginan, selalu bersyukur  dan merasa puas
  7. Makan yang teratur , makan-makanan yang alami
  8.  Istirahat yang cukup
  9. Olah raga yang teratur
          semoga bermanfaat.........
          terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa manusia terlahir miskin

Mengapa manusia terlahir cacat

Vihara aliran mahayana di daerah serpong tangerang